Demi Menjaga Portokol Kesehatan, Kemenparekraf Terbitkan Buku Panduan untuk Hotel dan Restoran

Masih dalam masa transisi dimana beberapa sektor sudah mulai kembali beroperasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf menerbitkan buku panduan protokol kesehatan untuk bidang hotel dan juga restoran.

Karena seperti yang telah diketahui bahwa hotel dan restoran sudah banyak yang mulai kembali untuk beroperasi. Tujuan dari penerbitannya buku panduan tersebut adalah agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat berada di tempat umum pada masa pandemi Covid-19.

“Industri pariwisata harus bersiap diri untuk dapat memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang tinggi terhadap produk dan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan. Oleh karena itu, perlu adanya buku panduan praktis bagi industri pariwisata dalam menyiapkan produk dan pelayanan yang bersih, sehat, aman, dan ramah lingkungan khususnya hotel dan restoran,” kata Wishnutama

Baca juga  KIBBM Gaungkan Aksi Solidaritas Bela Palestina di Masjid Agung Al-Azhar

Terbitnya buku panduan ini telah melalui keputusan dari Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Terdapat dua bagian pada buku panduan tersebut, yakni panduan umum yang meliputi manajemen atau tata keola hotel restoran. Kemudian ada panduan khusus yang meliputi tiga alur pelayanan hotel dan restoran, mulai dari pintu masuk hingga ruangan karyawan.

Baca juga  Belajar dari Kasus Indra Bekti, Ini Faktor Klaim Asuransi Ditolak

Terkait dengan terbitnya buku panduan ini, diharapkan untuk dapat meningkatkan pemahaman para pihak terkait dengan usaha hotel dan juga restoran untuk selalu menjaga dan meningkatkan protokol kesehatan di sektor umum agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman serta dapat berkontribusi dalam membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia yang lebih berkualitas. (AA)

Translate »